Berita

Police Goes to School, Sat Binmas Ajak Murid MTs Miftahul Huda Alian Jauhi Kenakalan Remaja

Polres Kebumen – Kenakalan remaja di lingkungan sekolah merupakan masalah bagi dunia pendidikan. Banyak pula kenakalan remaja yang akhirnya berujung di meja hijau karena terlambatnya sosialisasi.

Pagi ini Sat Binmas Polres Kebumen melakukan “Police Goes to School” di MTs Miftahul Huda Kecamatan Alian, serta memberikan motifasi agar menjauhi perilaku menyimpang kenakalan remaja, serta dampak bahaya bagi masa depan.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, di hadapan para murid dan guru, Sat Binmas mengajak agar kenakalan remaja dihindari seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, minum minuman keras.

“Para murid ditekankan untuk fokus belajar. Karena tugas utama pelajar, diantaranya belajar. Karena banyak pelajar akhirnya terjerumus ke ramah hukum karena sibuk mencari jati diri. Kita sebagai orangtua harus melakukan pengawasan, serta motivasi agar pelajar kita berprestasi dalam hal positif,” jelas Aiptu Catur.

Apa yang disampaikan oleh Sat Binmas didukung penuh oleh dewan guru MTs Miftahul Huda Kecamatan Alian yang juga mendampingi kegiatan dari awal hingga selesai.

Lanjut Aiptu Catur, kenakalan remaja pada dasarnya merupakan permasalahan sosial yang tidak sesuai dengan norma dan adat istiadat dalam masyarakat.

Yang paling sering melakukan tindakan penyimpangan itu biasanya pada anak SMP dan SMA dikarenakan pada usianya mereka masih labil atau mudah terpengaruhi.

Pandangan lain, kenakalan remaja ini biasanya diakibatkan oleh kurangnya perhatian orang tua.

Hal seperti ini membuat anak tidak nyaman berada di rumah sehingga pada akhirnya anak tersebut mencari hal-hal baru diluar sana dan pada akhirnya mereka terjerumus pada pergaulan yang salah atau negatif.

Selain disebabkan oleh kurangnya perhatian orang tua, circle pertemanan (salah memilih teman) juga dapat menyebabkan kenakalan remaja.

“Maka dari itu kita berikan pemahaman dampak negatif yang ditimbulkan dari kenakalan remaja. Sehingga setelah murid-murid tahu, mereka akan menghindari kenakalan remaja,” pungkasnya.

(Humas Polres Kebumen)

Related Posts

1 of 23